Liputan

Kamabigus MAN 2 Kota Kediri Lantik 32 Calon Penegak Laksana

KEDIRIMU – Dalam suasana sore hari yang cerah dan penuh cahaya, Dewan Ambalan Hasyim Asy’ari dan Cut Nyak Dhien dari Gugus Depan 02-165 dan 02-166 Pangkalan MAN 2 Kota Kediri Kwartir Ranting (Kwaran) Jawa Timur menggelar upacara pelantikan Penegak Laksana. Acara yang sakral ini dilaksanakan di lapangan MAN 2 Kota Kediri pada Jumat, 17/05/2024.

Upacara ini dihadiri oleh 32 wali murid calon Penegak Laksana. Di antara para wali murid, hadir juga Dr. Rahman Widohadono, S.Psi, M.Psi, pengurus Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Timur yang datang dari Surabaya. Kehadiran beliau memberikan nilai tambah dalam upacara pelantikan tersebut.

Bapak Drs. H. Nur Salim, M.Pd.I selaku Kamabigus (Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan) memimpin upacara pelantikan dengan khidmat. Beliau memberikan pidato penuh makna dan menegaskan tanggung jawab besar yang diemban oleh para calon Penegak Laksana.

“Sebelum saya melantik dan mengukuhkan adik-adik sebagai Penegak Laksana, saya perlu menegaskan bahwa Penegak Laksana adalah suatu tanggung jawab untuk mengabdi pada negeri serta mengembangkan potensi diri,” ujarnya dengan tegas.

Kamabigus kemudian mengajukan beberapa pertanyaan yang harus dijawab dengan tegas oleh para calon Penegak Laksana:

1. “Bersediakan adik-adik untuk dilantik sebagai Penegak Laksana?”

Siap, bersedia!


2. “Bersediakah adik-adik menjalankan Tri Satya dan Dasa Dharma dalam kehidupan sehari-hari?”

Siap, bersedia!


3. “Bersediakah adik-adik secara sukarela dan dengan hati yang tulus ikhlas mengucapkan ikrar Kalimat Syahadat serta Janji Pramuka Trisatya?”

Siap, bersedia!


Setelah menjawab pertanyaan tersebut, para calon Penegak Laksana mengikuti ucapan Kamabigus dalam mengucapkan syahadat dan Janji Pramuka Trisatya.

Kalimat Syahadat:

أشهد أن لا إله إلا الله وأشهد أن محمدًا رسول الله


Trisatya:

DEMI KEHORMATANKU, AKU BERJANJI AKAN BERSUNGGUH-SUNGGUH:
1. Menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan Yang Maha Esa, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan mengamalkan Pancasila.
2. Menolong sesama hidup dan ikut serta membangun masyarakat.
3. Menepati Dasa Dharma.


Dengan demikian, 32 calon Penegak Laksana resmi dilantik dalam upacara yang khidmat dan penuh makna ini. Pelantikan ini menandai langkah awal bagi mereka untuk berkontribusi lebih besar dalam mengabdi kepada negeri dan masyarakat, serta mengembangkan potensi diri sesuai dengan nilai-nilai Pramuka.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button *