Hikmah

KESOMBONGAN & AKIBAT BURUKNYA

Definisi Sombong

Sombong atau arogan dalam bahasa agama disebut takabbur. Menurut Imam al-Gazali, sombong adalah sifat seseorang yang memandang orang lain hina, hanya dia yang mulia dan mempunyai kebesaran. Karena itu sifat sombong pada manusia, merupakan suatu sifat tercela yang harus dihindari.

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

الْكِبْرُ بَطَرُ الْحَقِّ وَغَمْطُ النَّاسِ

“Kesombongan adalah menolak kebenaran dan merendahkan orang lain.” (HR. Muslim dari Abdullah bin Mas’ud radhiallahu anhu)

Pendapat Ulama

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata,

“Karena kesombongan inilah, orang-orang Yahudi terus-menerus berada di atas kebatilan mereka. Sebab, dalam hati mereka terdapat kesombongan, kedengkian, keras kepala, dan tabiat-tabiat jelek lainnya.” (Naqdhul Manthiq, hlm. 27)

Ibnul Jauzi rahimahullah berkata,

“Orang yang sombong adalah yang menganggap dirinya lebih tinggi daripada orang lain (dalam segala perkara).” (at-Tabshirah, 2/222)

Imam asy-Syathibi rahimahullah berkata,

“Orang-orang yang telah menjadikan hawa nafsunya sebagai pemutus segala sesuatu, mereka tidak akan memedulikan apa pun. Mereka sama sekali tidak akan mau memperhitungkan berbagai hal yang bertentangan dengan pendapatnya. Mereka juga tidak mau introspeksi diri atau mengevaluasi pendapat-pendapatnya.

Hal ini tidak seperti sikap orang-orang yang berusaha mencurigai dirinya sendiri (barangkali kesalahan ada di pihaknya), dan akan berhenti tatkala menimbulkan suatu masalah (padahal inilah sikap orang-orang yang berakal).” (al-I’tisham, 2/269)

Wallahu A’lamu Bisshowab

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button *